RIM Blackberry Dibangun Di Malaysia, Indonesia Ngambek

Diposting oleh fatih on Kamis, 08 September 2011

RIM Blackberry Dibangun Di Malaysia, Indonesia Ngambek : Research In Motion (RIM) memutuskan untuk membangun pabrik di Malaysia ketimbang Indonesia, yang jumlah penggunanya justru lebih banyak. Melihat hal tersebut pemerintah mengancam akan memberikan disensentif berupa pajak tambahan terhadap produk impor yang berbasis di luar negeri.

Melihat hal tersebut, DPR meminta pemerintah bertindak tidak reaktif dalam menanggapi rencana produsen RIM asal Kanada tersebut. Menurut anggota Komisi VI DPR RI, Ecky Awal Mucharam, pemerintah seharusnya introspeksi kenapa RIM lebih memilih berproduksi di Malaysia padahal basis pasarnya di Indonesia.

"Pemerintah jangan selalu menggunakan pendekatan kekuasaan untuk menyelesaikan masalah, apalagi terhadap dunia bisnis. Karena pebisnis itu pasti punya hitung-hitungan, RIM memilih Malaysia karena fasilitasnya lebih baik, iklimnya lebih baik”, kata Ecky, melalui keterangan resminya, Kamis (8/9/2011).

Menurut Ecky hal ini karena buruknya iklim investasi di Indonesia. Jadi walaupun dekat dengan pasar, ternyata hal itu tidak mampu mengkompensasi buruknya infrastruktur seperti listrik dan pelabuhan serta ekonomi biaya tinggi di Indonesia yang disebabkan oleh budaya korupsi dan suap di kalangan birokrasi.

Menurut politisi PKS itu seharusnya pemerintah fokus memperbaiki masalah infrastruktur dan birokrasi ini. Jangan baru reaktif kalau ada kasus seperti RIM ini, percuma. Seolah hanya ingin menunjukkan bahwa pemerintah bekerja dan concern terhadap investasi di Indonesia, padahal korupsi dan suap masih dilakukan jajaran birokrasinya.

“Pengenaan tarif perdagangan tertentu juga tidak bisa dilakukan karena Indonesia terikat dengan perjanjian perdagangan bebas. Pengenaan pajak tertentu seperti PPnBM juga harus dikaji lagi, jangan sampai nanti malah merugikan konsumen BlackBerry di Indonesia. Kalau permintaan BlackBerry inelastis maka efek pajak sebagian besarnya akan ditanggung oleh konsumen kita,” tutupnya.

RIM Blackberry Dibangun Di Malaysia, Indonesia Ngambek, Baca juga artikel tentang BlackBerry Curve terbaru ramaikan pasar Ponsel Indonesia

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar