Cara Perbaikan HP Dan Level Kerusakan

Diposkan oleh fatih on Jumat, 19 Agustus 2011

Cara Memperbaiki HP

Cara Servis HP

Bagi rekan-rekan yang masih baru dalam bidang reparasi hp, mungkin bertanya-tanya bagaimana cara perbaikan hp.  Kali ini saya hendak membagi wawasan bagi teman-teman sekalian cara perbaikan hp menurut berbagai level kekemahiran.

Pada dasarnya cara perbaikan hp dibagi menjadi 2 jenis.
1.      Perbaikan hardware.
2.      Perbaikan software.


Cara perbaikan hp -> bagian hardware

Kerusakan di bagian hardware terbagi menjadi beberapa level kerusakan

1.       Level pemula.
Cara perbaikan hp pada level ini masih berkutat di sekitar ; bad connect (sambungan yang tidak sempurna), kotor, posisi komponen tergeser.  Sewaktu memperbaiki kerusakan level mudah ini, teknisi tidak membutuhkan skill khusus. Biasanya kerusakan cukup diperbaiki dengan cara memperbaiki koneksi (seperti mencungkil kaki konektor yang turun) atau membersihkan korosi (menggosok keypad yang sudah korosi).

2.       Level menengah.
Cara perbaikan hp pada level ini sudah membutuhkan skiil khusus. Seperti mencabut IC yang diperkirakan rusak, dan memasang IC yang baru. Untuk bisa melakukan cara perbaikan hp level menengah, seorang teknisi perlu pengetahuan dasar tentang HP. Seperti contohnya: jika HP mati total komponen yang paling sering rusak adalah IC power, CPU dll. Tapi tentu saja ada banyak kerusakan yang tidak bisa diperbaiki dengan cara ini.

3.       Level mahir.
Cara perbaikan hp pada level ini sudah membutuhkan skill tingkat mahir, seperti mengukur keluaran sebuah IC untuk memastikan apakah IC tersebut sudah bekerja dengan baik. Alat-alat seperti Oscilloscope, frequency counter, serta spectrum analyzer untuk mengukur kinerja dari sebuah hp. Dengan cara perbaikan hp ini, tingkat kepastian menjadi sangat tinggi.


Cara perbaikan hp-> bagian software

Beberapa langkah perbaikan software:
1.       Membuka kunci pengguna (lupa password).
2.       Mengembalikan pengaturan ke kondisi awal.
3.       Membuka simlock.
4.       Dll.



Sewaktu melakukan perbaikan software, dibutuhkan sebuah perangkat perantara hp dengan PC, biasanya disebut flasher box.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar